Perempuan dalam Keberagaman



Kapal Perempuan, sebuah organisasi yang berfokus pada pendidikan alternatif untuk perempuan, mengadakan Training of Trainer (ToT) berjudul “Pengarusutamaan Gender dalam Gerakan Perdamaian di masyarakat”, di Wisma Hijau, Cimanggis, 20-25 Maret 2011. Pelatihan tersebut merupakan bagian dari program Pluralisme berperspektif Gender di NTB yang didukung oleh Hivos. Program Gender dan Pluralisme telah berjalan selama 1.5 tahun, dan mengalami berbagai penyempurnaan strategi advokasi. 
 
Program pun berlangsung berdasarkan data-data komunitas, menghasilkan kartu penilaian Pluralisme yang telah diterapkan di tiga wilayah, Bali, Gorontalo, dan Kalteng. Selain itu penerapan kartu penilaian Pluralisme lebih menitikberatkan pada aspek keadilan Gender, mengingat peta advokasi Pluralisme di Indonesia tergolong kurang memasukkan Gender sebagai analisis. Peserta setelah mengikuti pelatihan, termasuk para pendamping komunitas dan aktifis perempuan, diharapkan mampu memperkuat gerakan advoksi Pluralisme berkeadilan Gender di Indonesia. 
 
Peserta training adalah aktivis yang organisasinya berkecimpung dalam upaya advokasi Pluralisme, kebijakan publik, masyarakat adat, atau kepentingan perempuan. Peserta berjumlah 18 orang, terdiri dari 13 perempuan dan 5 laki-laki, berasal dari 12 provinsi, beberapa diantaranya berasal dari Jakarta. Semua peserta terseleksi dari 50 pelamar yang didasarkan dari kelengkapan persyaratan administrasi yang meliputi surat lamaran, biodata, dan tulisan calon peserta tentang Feminisme dan Pluralisme. Pengalaman dalam mengikuti training Gender dan Pluralisme menjadi prioritas. [] dit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar